Cara Factory/Hard Reset Samsung Galaxy A80

Cara Factory/Hard Reset Samsung Galaxy A80

Pernahkan ponsel Anda lupa pola sandi? Lupa kunci layar? Atau ponsel Anda berjalan sangat lambat sehingga aktivitas Anda menggunakan ponsel menjadi terganggu? Kalau sudah begini tentunya Anda harus melakukan sesuatu, bukan? Masalah seperti ini perlu dilakukan proses reset. Karena itu kami akan membagikan Cara Factory/Hard Reset Samsung Galaxy A80 untuk ponsel Anda.

Sebenarnya ada banyak manfaat dari proses factory reset ataupun hard reset samsung ini. Misalkan saja ketika Anda hendak menjual ponsel. Hal ini bisa juga disebut prosedur dasar ketika seseorang hendak menjual ponselnya. Pembeli juga tentunya ingin menerima ponsel dalam keadaan bersih, maksudnya seperti ponsel baru yang belum ada pengaturan-pengaturan maupun file-file yang bukan miliknya.Proses reset ini berfungsi untuk membersihkannya alias mengembalikan ponsel ke pengaturan pabrik.

Ada dua metode dalam proses reset smartphone. Pertama ada reset melalui Pengaturan atau yang lebih dikenal dengan factory reset dan satunya reset melalui Recovery Mode atau biasanya disebut hard reset.

Dua cara reset ini memiliki tujuan yang sama, yakni membersihkan smartphone agar kembali seperti pengaturan pabrik, tetapi dengan situasi yang berbeda. Untuk lebih jelasnya dan bagaimana langkah-langkahnya, Anda bisa menyimak ulasannya berikut ini :

Factory Reset Samsung Galaxy A80

Proses reset ini dilakukan ketika ponsel masih menyala dan dapat mengakses semua menu yang tersedia. Metode factory reset samsung ini bisa digunakan untuk perbaiki samsung galaxy A80 yang lemot, sering hang ataupun aplikasi sering berhenti sendiri.

Di bawah ini adalah urutan langkah-langkah reset melalui menu Setting :

  1. Pertama, buka menu Setting pada Galaxy A80.
  2. Lalu pilih General Management.
  3. Cari menu Reset dan pilih, lalu pilih lagi Factory Data Reset.
  4. Selanjutnya pilih tombol Reset dan pilih tombol Delete All.
  5. Proses reset akan berjalan dan Anda bisa menunggu prosesnya beberapa saat.
  6. Ponsel akan kembali ke setelan awal atau setelan pabrik seperti membeli ponsel baru. Anda tinggal melakukan pengaturan seperti yang Anda inginkan.
  7. Selesai.

Hard Reset Samsung Galaxy A80

Reset dengan metode yang kedua ini bisa Anda lakukan jika perangkat mengalami masalah sepeti ponsel yang terkunci. Seperti lupa pola, PIN ataupun password pada kunci layarnya. Hard reset ini juga berguna untuk update firmware samsung terbaru.

Nah, di bawah ini adalah langkah-langkah dalam proses hard reset melalui Recovery Mode :

  1. Yang pertama harus dilakukan adalah menyiapkan ponsel dalam keadaan mati. Untuk mematikan perangkat, Anda bisa menekan tombol Power + Volume Bawah.
  2. Setelah Galaxy A80 telah dalam keadaan nonaktif, Anda bisa menekan tombol Volume atas + Power secara bersamaan kemudian tahan hingga muncul logo Samsung dilayar ponsel.
  3. Lepas tombol Power, tunggu sampai masuk ke menu Recovery Mode baru lepaskan tombol Volume atas.
  4. Ketika Anda sudah masuk menu Recovery Mode. Nah, pada tahap ini gunakan tombol volume untuk bergeser ke menu pilihan wipe data/factory reset. Gunakan tombol power untuk memilih.
  5. Lalu pilih “Yes” dengan tombol Power.
  6. Proses reset akan berjalan dan Anda tunggu sebentar saja.
  7. Kalau sudah selesai pilih reboot system now. Secara otomatis ponsel akan melakukan proses booting. Dalam proses ini, semua data dan pengaturan akan dikembalikan seperti setelan pabrik.
  8. Selesai

Demikian 2 metode atau cara reset samsung galaxy a80. Sesuaikan metode denga situasi ponsel Anda sehingga proses reset dapat berfungsi dengan baik. Semoga artikel hard reset ini dapat membantu Anda perbaiki samsung galaxy A80. Apabila ada kendala dalam proses reset ini, Anda bisa meninggalkan komentar di bawah ini. Semoga bermanfaat.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*